SYAWALAN VIRTUAL ALA IGEGAMA 2020

Online, IGEGAMA. Dalam Rangka Tradisi Tahunan Syawalan IGEGAMA, Ikatan Geograf Universitas Gadjah Mada (IGEGAMA) mempersembahkan Syawalan IGEGAMA Virtual, Sabtu (30/5/2020), Gathering IGEGAMA 2020 acara Syawalan Virtual yang baru pertama kali dilakukan berlangsung meriah, tertib ber-video conference, dan penuh keakraban.

Ada 320 alumni Igegama yang join Online di-acara ini. Mereka berasal dari berbagai daerah di Tanah Air, termasuk dari luar negeri antara lain New York Amerika. 
“Syukur, acara Gathering ini berlangsung lancar dan sukses. Hal ini tentunya merupakan hasil kerja keras dan kerja semua alumni, baik panitia serta Igegama. Tuhan Yang Maha Esa pun rupanya berkenan mendampingi dan membantu sehingga kerja keras kami membuahkan hasil yang manis,” tutur Totok Sediyantoro.

Totok dalam kata sambutannya didepan Ketum PP Kagama – Mas Ganjar Pranowo yang ikut join, dia juga menyampaikan beberapa hal sebagai Ketua Igegama pada Agustus 2016 silam, antara lain :
 Sudah terbentuk AD/RT Igegama dan sudah disahkan oleh notaris pada awal tahun 2017.
 PP Kagama sudah menurunkan SK Pengurus Igegama dan nama Igegama, sehingga nama Igegama tidak akan berubah. Norek atas nama IGEGAMA di Bank BRI no 0206.01.007136.30.3 untuk untuk polling Donasi/Baksos. Situs www.igegama.id sudah dirilis. Situs ini diharapkan bisa rumah singgah virtual. Para alumnus juga bisa mengunggah artikel, karya ilmiah, atau hal yang relevan untuk ditampilkan di laman www.igegama.id. Telah dibentuk Lembaga Sertifikasi Profesi bidang Informasi Geospasial bernama LPK GeoProf (lspgeoprof.id) yang sudah bisa melakukan Uji Kompetensi secara ONLINE.

“Meskipun kita banyak yang menjauhi masa Covid ini, tapi kita bisa ambil Hikmah positive, antara lain lebih mudah dan terjangkau untuk bisa mengumpulkan para Senior/Pejabat yang kalau acara Offline biasanya hanya diwakilkan. Seperti acara sekarang ini Alhamdulillah bisa hadir dan TANPA DIWAKILKAN, termasuk Mas Ganjar dan Pak Rektor” ujar Totok Sediyantoro lebih lanjut.

Ketua Umum PP KAGAMA Mas Ganjar Pranowo dalam obrolannya di join zoom di Syawalan Igegama ini “Colorfull itu Indah”, bisa berembug dan bicara baik-baik. Dengan obrolan aktif dengan para peserta zoom yang membuat suasana relax dan membuat obrolan cair, sehingga waktu molor dengan obrolan tentang New Normal yang akan terjadi di kemudian hari.

Rektor UGM Prof Ir Panut Mulyono yang ikut join dalam acara ini mengatakan bahwa Syawalan/Alumni adalah salah satu jalan menuju Surga, juga menjelaskan tentang ciri2 Alumni UGM yang mempunyai sifat2 khusus Guyub, Rukun, Migunani dan selalu ceria dan sangat peduli pada Almamaternya. “Alumni UGM sebagai benteng NKRI, sebagai pemersatu banga, dan menjadi bangsa yang mempunyai daya saing dan memenangi kompetisi di Era Global ini“ harapannya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Geografi UGM Prof. Muh Aris Marfai mengungkapkan update kampus dalam paparannya “Sekilas Informasi Terkini, tentang penyesuaian kegiatan Akademik dan Perkantoran di masa Covid19, diskusi ilimiah, bantuan Logistik bagi Mahasiswa dan Staff, Program Kakak Asuh untuk Beasiswa dari Alumni Geografi sudah terbuka” tuturnya.

Direktur Kemitraan, Alumni, Internasional UGM Dr Danang Sri Hadmoko menjelaskan tentang Layanan Digital Alumni UGM (www.alumni.ugm.ac.id) berisikan UGM Career, Legalisasi dan Transkip Nilai Online, UGM Alumni Awards, Kartu GAMA Co-Brand dan Sahabat UGM.

Telah ditunjuk juga untuk Host Syawalan tahun 2021 yaitu adalah Angkatan akhiran 0 yaitu mulai 1980, Angkatan 1990 (Leader), Angkatan 2000 dan Angkatan 2010, yang tongkat estafet-nya dari Ketua Igegama/Panitia diserahkan wakil 1990 (Sigit Prastowo).

Link rekaman Youtube : https://youtu.be/T4Z2sz_iDeU