PRAKATA
Tantangan menghadapi era teknologi disruptif masa ini sungguh berat. Era revolusi industri 4.0 yang berjalan dengan perubahan yang sangat cepat mengharuskan kita untuk terus berinovasi dan bekerja lebih keras lagi untuk dapat bersaing di masa ini. Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada sebagai satu-satunya Fakultas Geografi Negeri di Indonesia, sekarang ini telah berkembang dengan pesat, dan menjadi acuan bagi pendidikan geografi di Indonesia. Keberadaannya penuh dengan dinamika dan liku-liku sejarah yang perlu diketahui dan dipahami baik oleh civitas akademika, para alumni, dan staf administrasinya maupun oleh masyarakat pada umumnya. Melalui buku sejarah Fakultas Geografi UGM ini diharapkan civitas akademika penerus dapat menghargai, meneladani usaha dan kerja keras para perintis, pelopor, pendiri Fakultas Geografi UGM, sehingga meskipun inovasi terus dilakukan, Fakultas Geografi tak pernah melupakan jati diri dan sejarahnya.
Kita semua, civitas akademika Fakultas Geografi beserta alumninya wajib dan harus bersyukur kepada Allah Subhanahu Wata’ala atas rahmat dan hidayah-Nya, atas berkembang majunya Jurusan Ilmu Bumi di Fakultas Sastra, Pendidikan dan Filsafat, kemudian sebagai Jurusan Ilmu Bumi di Fakultas Sastra dan Kebudayaan, dan akhirnya menjadi Fakultas Geografi UGM yang terkemuka di Indonesia. Uraian singkat Sejarah Fakultas Geografi ini, menapaki lintas perjalanan Fakultas Geografi sejak tahun 1950 sampai dengan 2018. Secara sistematis penggalan sejarah Fakultas Geografi disajikan dalam tujuh masa atau periode, yaitu masa prakelahiran dan kelahiran (1950-1963), masa pertumbuhan (1963-1972), masa pengembangan (1973-1991), masa pemantapan dan reformasi (1991- 2000), masa transisi dan internasionalisasi (2001-2008) dan masa revolusi industri 4.0 (2009-2018). Sebelumnya pada tahun 1985 dan 2008 Fakultas Geografi UGM juga telah menyusun buku sejarah singkat, sehingga buku ini merupakan kelanjutan dari buku-buku sebelumnya.

Mudah-mudahan uraian singkat Sejarah Fakultas Geografi dapat melengkapi dan mewarnai Sejarah Universitas Gadjah Mada, yang dikenal sebagai Universitas Perjuangan dan Universitas Kerakyatan.

Yogyakarta, 17 Agustus 2018
Dekan Fakultas Geografi UGM
Prof. Dr. Muh Aris Marfai, M.Sc.

DAFTAR TIM PENYUSUN
SEJARAH FAKULTAS GEOGRAFI UNIVERSITAS GADJAH MADA
Tim Penyusun:
Prof. Dr. Sutikno
Dr. Luthfi Muta’ali, S.Si. M.T.
Prof. Dr. Sunarto, M.S.
Prof. Dr. Sudarmadji, M.Eng.Sc.
Prof. Dr. Su Ritohardoyo, M.A.
Drs. Zuharnen, M.S.
Ahmad Cahyadi, S.Si., M.Sc.
Alia Fajarwati, S.Si., M.IDEA.

Detail informasi Softcopy Lengkap ada di totok@hotmail.com