BOGOR, IGEGAMA. Bertempat di Kebon Raya Bogor, Pintu 3 Kebon Raya Bogor, Kota Bogor, Minggu (21/7/2019), acara Gathering IGEGAMA (Ikatan Geograf Alumni Universitas Gadjah Mada) 2019 berlangsung meriah, sukacita, dan penuh keakraban dengan mendoakan Rekan-Rekan/Guru2 Geograf yang telah berpulang termasuk Alm Sutopo Purwo Nugroho Angkatan 89 yang merupakan Pahlawan Bencana Indonesia.

Ada sekitar ratusan alumni Igegama yang datang menghadiri acara ini. Mereka datang dari berbagai daerah di Tanah Air.
“Syukur, acara Gathering ini berlangsung lancar dan sukses. Hal ini tentunya merupakan hasil kerja keras dan kerja semua alumni, baik panitia serta Igegama. Tuhan Yang Maha Esa pun rupanya berkenan mendampingi dan membantu sehingga kerja keras kami membuahkan hasil yang manis,” tutur Totok Sediyantoro.
Dalam kata sambutannya, dia juga menyampaikan beberapa hal sebagai Ketua Igegama pada Agustus 2016 silam, antara lain :
 Sudah terbentuk AD/RT Igegama dan sudah disahkan oleh notaris pada awal tahun 2017.
PP Kagama sudah menurunkan SK Pengurus Igegama dan nama Igegama, sehingga nama Igegama tidak akan berubah.
Situs www.igegama.id sudah dirilis. Situs ini diharapkan bisa rumah singgah virtual. Para alumnus juga bisa mengunggah artikel, karya ilmiah, atau hal yang relevan untuk ditampilkan di laman www.igegama.id.

Sudah ada nomor rekening atas nama Igegama di Bank BRI Norek 0206-01-007136-30-3.
“Selain beberapa hal di atas, pengurus Igegama sudah membentuk lembaga sertifikasi profesi bekerja sama dengan Ikatan Geograf Indonesia. Penggalangan donasi dari alumni dengan nomor rekening Igegama. Dana yang terkumpul dapat digunakan untuk bakti sosial hingga kegiatan sosial lainnya”
. “Kami juga ingin membangun rumah singgah untuk para alumni. Jadi, bila ada teman-teman bepergian ke suatu kota yang kebetulan ada rumah singgah alumni. Ia bisa meminta informasi atau bahkan bisa menginap di rumah singgah tersebut untuk temporary” papar Totok lebih jauh.

Sementara itu, Dekan Fakultas Geografi UGM Prof. Muh Aris Marfai mengungkapkan pencapaian yang diraih kampus dalam paparannya Menyapa Alumni dengan thema “Menyapa Alumni Faculty of Geography Universitas Gadjah Mada, dengan pencapaian Fakultas saat ini, persaingan masuk Geografi UGM 1:50, Akreditasi Internasional, Fasilitas kampus, kolaborasi dan kerjasama dengan lokal dan internasional” tutur Profesor berumur 43 tahun.
 Peningkatan pelayanan, fasilitas dan dukungan kepada mahasiswa untuk terus berprestasi di Kampus FGE UGM Yogya antara lain Siti Nurbaya Center, Biogeo Foodcourt & Student Creativity Hub, Pengembangan Ruang IGI, Igegama, Forpimgeo, dll
Telah ditunjuk juga untuk Host Syawalan tahun 2020 yaitu adalah Angkatan akhiran 9 yaitu mulai 1979, Angkatan 1989 (Leader), Angkatan 1999 dan Angkatan 2009, yang tongkat estafet-nya dari Ketua Igegama/Panitia diserahkan wakil 1989 (Taufik).