Kebun Raya Bogor, 21 Juli 2019
Saat ini Fakultas Geografi UGM terdukung oleh 83 dosen dan 82 tenaga pendidikan (tendik). Per Juni, 2019 jumlah alumni adalah 5713 alumni, dan saat ini setidaknya 1500 jumlah mahasiswa aktif dengan komposisi 74% di S-1, dan 26% di S-2 dan S-3 yang tersebar pada 13 program studi (3 Program Studi S-1, dan 10 Program Studi S-2 dan S-3). Jaminan kualitas Tridharma semakin meningkat, dengan adanya akreditasi internasional AUN (Asian University Network) dan Asiin (Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik), kepada 3 Prodi S-1, dari periode 2019 – 2024. Selain itu, Departemen Geografi Lingkungan mendapatkan Akreditasi A dengan nilai baik pada Akreditasi BAN-PT Kemristekdikti pada Juli, 2019 yang lalu.

Seiring dengan semakin tingginya tuntutan kualitas Tridharma, visi misi Fakultas Geografi perlu semakin disinergikan dengan berbagai perkembangan global hingga lokal. Adapun visi misi Fakultas Geografi adalah sebagai berikut:

Visi:
Fakultas Geografi UGM menjadi pusat unggulan Ilmu Geografi bertaraf Internasional untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan
Misi:
1. Meningkatkan kualitas pendidikan sesuai standar internasional.
2. Meningkatkan kegiatan riset kewilayahan yang berkualitas.
3. Meningkatkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang memberikan solusi permasalahan lingkungan.
4. Meningkatkan jejaring kerjasama nasional dan internasional.
5. Meningkatkan tatakelola kelembagaan yang baik (good governance).
Di bidang pendidikan, saat ini Fakultas Geografi UGM menerima mahasiswa Program S-1 sebanyak 100 orang untuk Prodi Geografi Lingkungan, 75 orang untuk Prodi Geografi Pembangunan dan 75 orang untuk Prodi Sains dan Informasi Geografis. Sementara daya saing penerimaan mahasiswa melalui tiga jalur yaitu SNMPTN, SBMPTN dan Jalur Ujian Mandiri (UM) UGM menigkat pada rasio 1:49 orang. Jumlah mahasiswa S-1 yang kian meningkat memerlukan dukungan dari berbagai pihak guna peningkatan kualitas pembelajarannya.

Di bidang penelitian dan pengabdian masyarakat, hingga saat ini dosen di Fakultas Geografi telah mampu menghasilkan rasio 1:1 untuk rasio dosen dan publikasi, yang artinya 1 dosen setidaknya memiliki 1 publikasi untuk setiap tahunnya. Angka ini terus meningkat, yang mana 1:2 merupakan target capaian berikutnya, yaitu 1 dosen dapat menghasilkan setidaknya 2 publikasi setiap tahunnya. Peningkatan jumlah penelitian yang ditunjukkan dengan jumlah publikasi bermanfaat untuk mendongkrak performa kinerja akademis di tataran nasional hingga internasional. Bidang penelitian yang banyak ditekuni antara lain kebencanaan dan penginderaan jauh (72 penelitian), hidrologi, klimatologi, dan sistem informasi geografi (69 penelitian), serta kajian kota, desa dan geografi pembangunan (59 penelitian). Selebihnya hilir penelitian lebih kepada publikasi terindeks Scopus Q3 (41%), Q2 (27%), dan Q1 (22%). Berdasarkan tema penelitian, Fakultas Geografi telah berkontribusi cukup lengkap dalam capaian tujuan Sustainable Development Goals (SDGs).

Akreditasi internasional terhadap Fakultas Geografi UGM tentunya perlu mendapatkan follow up, salah satunya adalah dengan memunculkan International Undergraduate Program (IUP) untuk S-1. Program ini diperlukan untuk mewadahi potensi mahasiswa Fakultas Geografi yang lebih siap untuk bersaing di kancah internasional, melalui serangkaian international exposure, antara lain dengan berbagai mitra, seperti National Taiwan Normal University (NTNU), Taiwan dan RijksUniversiteit of Groningen (RuG), The Netherlands. Program ini masih dalam tahap persiapan dan diperkirakan siap pada 2020.

Di bidang sarana prasarana, saat ini Fakultas Geografi sedang terus mengupayakan peningkatan dalam hal penyelesaian pembangunan Gedung D, yaitu Gedung perkuliahan pada lantai 3 – 6. Selain itu, Fakultas Geografi juga tengah berupaya untuk mempersiapkan kantin yang sehat dan ramah lingkungan, serta menjunjung tinggi sociopreneur yang berbasis Syariah. Kantin bio-geo merupakan salah satu media yang direncanakan mampu menyediakan ruang informal yang memadai bagi mahasiswa, dan diharapkan dilengkapi dengan co-working space yang nyaman bagi mahasiswa. Saat ini, Fakultas Geografi terus memperbaiki lingkungan kampus seperti dengan menyiapkan ruang takmir dan ruang ukm yang mampu menjalin entrepreneurship mahasiswa dengan pihak mitra. Keterhubungan antar Gedung terus diupayakan agar mempermudah kinerja seluruh civitas akademika.

Di bidang pengabdian masyarakat, dosen dan mahasiswa Fakultas Geografi telah melaksanakan kegiatan hampir di seluruh Indonesia, dengan pemusatan masih di Pulau Jawa dan Sumatera, namun Kalimantan, Sulawesi dan Papua menjadi Kawasan yang menarik untuk terus dikaji. Variasi kegiatan pengabdian pun sangat beragam, dimulai dari kegiatan masyarakat hingga sekolah iklim yang merambah berbagai lokasi di Indonesia.

Di bidang kerjasama, mitra Fakultas Geografi tersebar di seluruh Indonesia, dengan dominasi pada mitra pemerintah di tingkat Propinsi, Kementerian dan beberapa institusi internasional yang berbasis di Indonesia. Jumlah perjanjian kerjasama yang telah disusun teralokasi di Pulau Jawa dan Sumatera, disusul dengan Pulau Kalimantan dan Sulawesi, serta Papua. Sementara itu kerjasama di tingkat internasional terus mengalami peningkatan yang signifikan. Setidaknya 91% mahasiswa asing yang datang berkunjung ke Fakultas Geografi berasal dari Asia dan Eropa, sementara yang melakukan perjalanan ke luar negeri setidaknya 82.8% juga menuju Asia dan Eropa. Jumlah dosen asing yang mendominasi adalah Asia, dan Eropa serta sebagian lain berasal dari Afrika dan Amerika serta Australia. Hampir seluruh mitra di berbagai benua terdata dengan baik sehingga memudahkan dalam menjalin jejaring internasional.

Di bidang alumni, saat ini Fakultas Geografi berharap dapat mewujudkan External Advisory Board, yang cakupan kegiatannya adalah:
1. Mendiskusikan arah perkembangan Tridharma Fakultas Geografi UGM ditinjau dari dunia professional
2. Mendukung kegiatan Tridharma seperti pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, dan kerjasama Fakultas Geografi UGM yang sinergis dengan perkembangan global
3. Bersinergi dalam mewujudkan tata laksana (good governance) pengelolaan Fakultas Geografi UGM.

Demikian narasi ini disusun untuk dapat dimanfaatkan dan disirkulasikan sebagai informasi kepada seluruh Alumni Fakultas Geografi UGM. Semoga bermanfaat.

Yogyakarta, 25 Juli 2019
Dekan Fakultas Geografi UGM